Sunday, April 5, 2015

Usaha Menyelamatkan Bumi

TUGAS ENERGI TERBARUKAN
USAHA-USAHA YANG SAYA LAKUKAN
UNTUK MENYELAMATKAN BUMI

NAMA : ACHMAD FAIDI
NIM : 130431100051

  1. Mematikan monitor PC di LAB Elektro.
Sering kali saat selesai menggunakan komputer di lab teman-teman lupa mematikan monitornya dan hanya men-Shut Down-nya saja sehingga hal tersebut termasuk pemborosan dalam penggunaan energy listrik.
  1. Mematikan stop kontak saat tidak digunakan.
Kadang kala kita menganggap hal seperti ini bukanlah pemborosan karena tidak memakan daya listrik yang banyak melainkan hanya indikatornya saja yang nyala. Akan tetapi mindset yang seperti ini justru harus dirubah. Karena pepatah mengatakan “dikit-dikit, lama-mama menjadi bukit”. Sekecil apapun daya listrik yang digunakan, akan tetapi penggunaannya lama, maka nantinya juga akan terkumpul dan menjadi besar.
  1. Bersepeda
Dengan bersepeda, kita dapat mengurangi polusi udara yang disebabkan asap kendaraan bermotor. Disamping itu juga dapat menyehatkan tubuh karena bersepeda termasuk jenis olahraga.
  1. Memberi Peringatan / Warning di setiap ruangan rumah atau kontrakan
  1. Memberi peringatan untuk mematikan kipas angina dan lampu kamar tidur sebelum meninggalkan ruangan tersebut.

  1. Memberi peringatan untuk membuang sampah pada tempatnya
  1. Memberi warning dalam menggunakan kamar mandi / toilet
  1. Memberi peringatan agar mematikan TV sebelum tidur








  1. Membuat dan memasang otomatis lampu jalan di kontrakan
Terkadang kita lupa untuk mematikan lampu penerang jalan. Hal itu dikarenakan banyak hal. Bisa karena sibuk atau tergesa-gesa ke kampus. Hal tersebut juga termasuk pemborosan dalam penggunakan energy listrik. Akan tetapi hal tersebut di atas dapat kita hindari dengan memberinya sistem otomatisasi. Berikut gambarnya saya telah menggunakannya pada lampu teras dan lampu penerang jalan di kontrakan saya.













  1. Membuat dan memasang otomatis tendon di kontrakan
Sering kali dalam pengisian tendon air kita kadang lupa mematikan pompa airnya pas pada saat tendon itu penuh atau kadang kita tidak tahu bahwa tendon itu penuh sehingga kita tidak bergegas untuk mematikan pompa airnya. Hal ini merupakan pemborosan terhadap energi listrik. Sehingga dengan memberikan otomatis tendon semua hal di atas tidak akan terjadi.
  1. Mematikan Lampu Kamar Saat Tidur
Mematikan lampu saat tidur disamping menghemat energy listrik, juga baik untuk kesehatan.

0 comments:

Post a Comment